cara menghitung volume m3 galian tanah

Pekerjaan galian tanah banyak dilakukan dalam proses pelaksanaan pembangunan gedung maupun infrastruktur seperti jalan raya, pelabuhan, bandar udara dan lainya. Disini kita coba uraikan sebuah tutorial cara menghitung volume m3 galian tanah, meskipun terlihat sederhana namun seringkali
mengalami kesulitan bagi yang belum mengetahui langkah jitu dalam menghitungnya, misalnya pada daerah dengan  ketinggian muka tanah naik turun maka harus dibuat peta kontur terlebih dahulu sehingga dapat diketahui bentuk potongan tanah sebagai dasar untuk mencari nilai volumenya.

Rumus volume galian tanah
Perhitungan menggunakan satuan kubik yaitu dalam m3, cm3 atau satuan lainya. Namun untuk mempermudah dalam proses perhitungan RAB maka lebih banyak menggunakan satuan m3. jumlah pekerjaan galian tanah dapat dihitung dengan rumus umum sebagai berikut:
  • Vgt = Lpgt x Pgt
  • Volume galian tanah = Luas penampang potongan galian tanah x panjang galian tanah
Rumus ini dapat berubah-ubah menyesuaikan bentuk tanah yang dihitung.

Contoh gambar galian tanah
Sebuah pekerjaan pondasi batu kali rumah tinggal memerlukan penggalian tanah terlebih dahulu dengan bentuk penampang trapesium ukuran lebar bawah 70 cm, lebar atas 150 cm, tinggi 100 cm dan panjang galian 33 m. selengkapnya dapat dilihat pada gambar dibawah yang sebelumnya telah kita samakan terlebih dahulu kedalam satuan m dengan maksud untuk mempermudah proses perhitungan volume tanah nantinya.

Contoh perhitungan volume galian tanah
Dari gambar tanah tersebut maka dapat kita hitung volumenya dengan langkah sebagai berikut:
Rumus luas penampang trapesium adalah jumlah sisi sejajar dibagi dua x tinggi trapesium.
  • Luas penampang galian tanah = (( 0,7 m + 1,5 m)/2) x 1 m = 1,1 m2
  • Volume galian tanah = 1,1 m2 x 33 m = 36,3 m3
Jadi dapat kita ketahui bahwa volume pekerjaan penggalian tanah pada gambar diatas adalah 36,3 m3.

Langkah diatas merupakan gambaran umum untuk mencari volume galian tanah, pada kondisi lain dapat menyesuaikan bentuk dan ukuran tanah yang akan dihitung. Contohnya jika kita hendak menggali kubur dengan ukuran 1 m x 2 m sedalam 2 m. berapa jumlah tanah yang harus digali?mudah saja, volumenya adalah (1 m x 2 m) x 2 m = 4 m3

 sumber : analisa harga . com
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...