Cara menghitung volume kebutuhan pasangan dinding batu bata

Pasangan dinding batu bata banyak digunakan pada rumah tembok diberbagai wilayah Indonesia, bahan bangunan yang terbuat dari hasil pembakaran tanah liat ini tergolong murah dan mudah didapat, selain itu kemudahan dalam pengerjaanya juga menyebabkan batu bata banyak digunakan
masyarakat. sebelumnya perlu dilakukan perhitungan terlebih dahulu untuk mendapatkan data volume kebutuhan pasangan dinding batu bata sehingga bisa mendatangkan material dalam jumlah pas. volume pekerjaan dinding batu bata dapat dihitung dalam satuan m2 atau m3, kemudian untuk mendapatkan nilai perkiraan rencana anggaran biaya bangunan maka dapat dilakukan dengan cara mengalikan total volume dengan harga satuan per m3 pasangan batu bata merah.

Gambar pasangan dinding batu bata


Contoh perhitungan volume pasangan dinding batu bata
Pembuatan kamar tidur ukuran 3 m x 3 m dan tinggi 3 m menggunakan pasangan batu bata ukuran 5cm x 10 cm x 20 cm, ada satu pintu masuk ukuran 90 cm x 210 cm, dan jendela satu buah ukuran 70 cm x 150 cm, berapa volume pekerjaan pasangan dinding batu bata?
Kita hitung terlebih dahulu total panjang dinding batu bata keempat sisi kamar yaitu 4bh x 3m = 12 m
  • luas pasangan dinding batu bata = panjang x tinggi
  • L = 12 m x 3 m = 36 m2.
Selanjutnya kita hitung luas lobang pada dinding yaitu pintu dan jendela
  • Luas pintu = 0,9m x 2,1 m = 1,89 m.
  • Luas jendela = 0,7m x 1,5 m = 1,05 m.
Jadi total volume pasangan dinding batu bata adalah 36 m2 – 1,89 m2 – 1,05 m2 = 33,06 m2.
Untuk menghitung total kebutuhan batu bata maka bisa dilakukan dengan cara mencari terlebih dahulu data jumlah bata yang diperlukan dalam 1 m2. misalnya kita ketahui jumlah batu bata per m2 = 70 bh. maka total bata yang dibutuhkan adalah 33,06 m2 x 70bh = 2314,2 dibulatkan menjadi 2315 bh. jadi kita bisa membeli batu bata di toko bangunan dengan menambahkan sedikit faktor keamanan untuk mrngantisipasi pecah atau kerusakan dengan total jumlah pembelian batu bata sebanyak 2350 bh.

Untuk menghitung total kebutuhan pasir dan semen pada batu bata bisa kita lihat pada artikel berikutnya yang berjudul analisa harga satuan pasangan dinding batu bata per m2

sumber : analisa harga . com 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...