Memperpendek URL Profil Google+


Di Facebook ada fitur username untuk merubah ID menjadi nama yang kita inginkan seperti
http://facebook.com/musaamin sehingga kita lebih mudah mengingat dan menshare URL profil tanpa harus login Facebook hanya untuk sekedar mengcopy alamat URL profil kita. Pada Google+ jejaring sosial buatan Google saya sudah mencari fitur ini tapi belum ada, wajar saja fitur username belum ada pada Google+ karena masih dalam proses pengembangan. Untuk memperpendek URL Google+ ada satu website yang memberikan layanan untuk memperpendek URL Google+ namanya gplus.to.
Berikut cara menggunakan gplus.to :
  • Browsing http://gplus.to
  • Pada Nick Name masukkan username yang ingin dipakai, misalnya saya ingin memakai musaamin
  • Pada Your Google+ ID masukkan ID Google+, misalnya URL lengkap profil Google+ saya https://plus.google.com/108631090017817994181/ jadi ID yang dimasukkan 108631090017817994181
  • Terakhir klik tombol add, URL pendek Google+ sudah jadi http://gplus.to/musaamin
==========
URL adalah perpendekan dari kata Uniform Resource Locators yang berarti suatu “pathname” untuk mengidentifikasi sebuah dokumen di web. Atau lebih mudahnya URL adalah alamat folder sebuah dokumen/file.
Kalau URL untuk  domain utama blog, akan lebih mudah di ingat. Misalnya saja domain http://www.ingateros.com. Tapi bagaimana jika URL untuk postingan, semisal http://www.ingateros.com/2010/03/kontes-berhadiah-mobil-motor-laptop-dll.html Pasti akan kesulitan untuk mengingatnya bukan?
Apa sih pentingnya memperpendek URL/link?
  1. Lebih mudah di ingat. Dengan URL yang pendek, sebuah URL postingan/domain lebih mudah untuk di ingat bukan? bukaaan *tabokContoh URL link postingan :
    • sebelum dipendekin : http://www.ingateros.com/2010/03/kontes-berhadiah-mobil-motor-laptop-dll.html
    • setelah di pendekin : http://www.ingateros.com/kjb
  2. Menyembunyikan link affiliasi/refferal. Ini yang paling penting untuk anda yang bergelut dalam bisnis online affiliasi. Calon referer tidak akan mengira jika link URL tersebut adalah link affiliasi.Contoh link referal/affiliasi :
    • sebelum dipendekin : http://secure.hostgator.com/~affiliat/cgi-bin/affiliates/clickthru.cgi?id
    • setelah dipendekin : http://www.ingateros.com/go/hostgator
Cara memperpendek URL
  1. Pakai web URL Shorter (web untuk memperpendek URL). Misalnya http://Bit.ly, http://ambil.info, dsb.Contoh di pendekin dengan web URL Shorter :
    • sebelum dipendekin : http://www.ingateros.com/2010/03/kontes-berhadiah-mobil-motor-laptop-dll.html
    • setelah dipendekin : http://bit.ly/kontes-jb
    Efektifkah pakai Bit.ly, ambil.info, dsb? Menurut saya tidak sama sekali. Karena bila URL tersebut dipakai untuk komentar di blog.
  2. Memakai forward subdomain blog
    Contoh pendekin URL pakai forward subdomain :
    • sebelum dipendekin : http://www.ingateros.com/2010/03/kontes-berhadiah-mobil-motor-laptop-dll.html
    • sesudah dipendekin : http://kjb.ingateros.com
    Efektifkah pakai forward subdomain? sungguh sangat2 tidak efektif. Hanya untuk memendekkan sebuah link mesti harus login cPanel. Selain itu database dan folder domain di hosting menumpuk jadi sampah bukan?
  3. Menggunakan plugin Pretty Link
Hennah memakai plugin Pretty Link ini yang paling efektif menurut saya. Dengan mengistal plugin ini di blog WordPress, kita bisa memperpendek URL link. Dan bisa memakainya untuk posting di FB, Twitter, dsb. Sehingga nama blog kita bisa lebih dikenal.
Hennah sudah jelas bukan bagaimana cara memperpendek URL. Dari ketiga tersebut saya sangat menyarankan cara terakhir yang paling menurut saya paling efektif. Tapi bagi kita pengguna blogspot bisa menggunakan cara pertama. So, sekarang atau rencananya mau pakai yang mana nih?
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...